Travel Knowledgebase

Wisata Halal Lombok: Alasan Menjadi Destinasi Halal Nomor 1

Salah satu tempat pariwisata yang paling banyak digemari adalah lombok. Kamu pasti juga menginginkan untuk bisa berwisata ke tempat tersebut. Daerah ini ternyata juga menerapkan konsep wisata halal, oleh sebab itu terdapat branding wisata halal lombok. Wah menarik ya.

Sebagaimana pada umumnya, tujuan adanya branding wisata halal adalah untuk menarik pasar muslim di dunia agar dapat terfasilitasi kebutuhannya sesuai dengan ketentuan syariat.

Dengan adanya branding tersebut para turis akan merasakan keamanan dalam berwisata ke wilayah tersebut. Seperti adanya fasilitas beribadah, makanan dan minuman yang terjamin halal, dan keamanan tempat-tempat yang terhindar dari maksiat.

Baca Juga: Wisata Halal di Indonesia dan Rekomendasinya

wisata halal lombok

sumber: unsplash

Prestasi Lombok di Wisata Halal

Kita sebagai warga negara Indonesia haruslah berbangga karena salah satu daerah di Indonesia menempati ranking 1 wisata halal terbaik dunia. Daerah tersebut tidak lain adalah Lombok.

Prestasi tersebut diberikan dari Lembaga pemeringkat Mastercard-Crescent Rating di dalam standar Global Muslim Travel Index (GMTI) pada tahun 2019.

Tidak hanya Lombok, terdapat 10 destinasi wisata halal di Indonesia yang masuk ke dalam nominasi destinasi halal terbaik di dunia.

Mengapa Lombok menjadi nomor 1 dalam kategori wisata halal terbaik?

Tentunya ada beberapa variabel pendukungnya yang menyebabkan lombok layak dinobatkan sebagai wisata halal terbaik nomor 1 di dunia. Penasaran apa saja alasannya?

Pulau 1000 Masjid

Bagi kamu orang Lombok atau tidak asing dengan pulau Lombok pasti tahu bahwa Lombok dikenal sebagai pulau 1000 masjid. Mengapa disebut demikian? karena di daerah ini memang pendirian masjid sangat banyak.

Tidak butuh jarak yang terlalu jauh kamu bisa dengan mudah menemukan masjid. Kalau dihitung-hitung tidak sampai 2 kilometer kamu akan menemukan masjid lainnya.

Jadi buat wisatawan muslim yang akan berkunjung ke pulau ini jangan khawatir untuk kesulitan menemukan tempat ibadah.

Wisata halal lomboksumber: unsplash

Mayoritas Tempat Menyajikan Makanan Halal

Sebenarnya bisa dikatakan bahwa hampir tidak ada makanan haram yang akan kamu temukan di pulau ini. Hampir semua makanannya adalah makanan halal.

Sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan makanan yang akan kamu cicipi. Tidak hanya kehalalan makanannya yang terjamin, harganya pun cukup terjangkau.

Untuk membeli salah satu makanan khas Lombok yaitu Ayam Taliwang kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp15 ribu. Wah, murah bukan?

Baca Juga: Wisata Halal Aceh

Kultur Masyarakat Islami

Alasan lain Lombok dinobatkan sebagai wisata halal terbaik di Dunia adalah kultur masyarakatnya yang memiliki nilai-nilai keislaman yang kuat.

Khususnya terkait dengan adab dan akhlak, bisa dikatakan bahwa banyak masyarakat Lombok memiliki sopan santun dan budi pekerti yang baik. Adapun dikarenakan mayoritas masyarakatnya adalah beragama Islam maka segala macam aktivitas kebudayaan pastinya menggunakan nilai-nilai Islam.

Pebisnis di Sektor Pariwisata harus Menerapkan Kaidah Syariah

Bagi para pebisnis yang ingin membuka usahanya di daerah Lombok maka mereka harus patuh terhadap aturan-aturan yang sudah tertanam kaidah syariah di dalamnya.

Seperti bila kamu ingin membuat sebuah hotel atau penginapan maka di dalam penginapan tersebut kamu harus menyajikan makanan-makanan yang halal.

Bahkan hotel-hotel yang ada di Lombok sebenarnya sudah harus mulai menerapkan konsep syariah. Dengan begitu Hotel akan dengan wajib menyediakan fasilitas-fasiltias yang ramah terhadap muslim.

Contoh beberapa fasilitas diantaranya:

  1. Pelayanan untuk makanan, minuman serta restorannya harus bersertfikat halal dari MUI.
  2. Pada bagian toilet disediakan toilet shower untuk wudhu
  3. Tersedianya sajadah dan al-quran pada kamar masing-masing.

Baca Juga: Wisata Halal Eropa dan Destinasi yang Bisa Dikunjungi

Penutup

Demikian penjelasan tentang wisata halal Lombok yang menarik untuk kamu ketahui. Bila kamu ingin berpergian wisata dan ingin mendapatkan pelayanan yang ramah muslim maka Lombok bisa menjadi pilihan.

Bila kamu tertarik dengan artikel sejenis ini maka kamu bisa pantau terus artikel yang terdapat di blog Patratour.

 

 

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *