wisata halal di Indonesia
Travel Knowledgebase

Wisata Halal di Indonesia dan Rekomendasi Destinasi Halalnya

Loh kok ada istilah wisata halal di Indonesia? Bukannya makanan dan pariwisata yang ada di Indonesia sudah terjamin halal ya kan penduduknya mayoritas muslim.

Mungkin itu yang saat ini ada di benak pertanyaan para pembaca. Memang terlihat aneh yang mana sebuah negara yang penduduk muslimnya terbesar di dunia tetapi tetap harus menggunakan istilah wisata halal untuk spot wisatanya.

Tetapi itu memang yang sedang digaungkan khususnya di dunia internasional. Kehadiran istilah ini tujuannya untuk menciptakan branding dan menggaungkan wisata ramah muslim,

Mengingat pangsa pasar wisatawan muslim di dunia jumlahnya relatif banyak. Mereka adalah orang-orang yang concern terhadap kehalalan destinasi wisata yang ia akan kunjungi.

Variabelnya seperti apakah makanan yang dimakan halal dan apakah destinasi wisata tersebut tidak mengandung nilai-nilai maksiat serta tempat ibadah yang diakomodir.

Dengan branding tersebut diharapkan dapat meningkatkan perekonomian Indonesia khususnya di sektor pariwisata. Mengapa demikian?

Berdasarkan data yang bersumber dari laporan Dinar Standard dengan judul Ekonomi Islam Global pada tahun 2020/2021. Pada tahun tersebut sejumlah 200,3 juta perjalanan telah dilakukan oleh Wisatawan Muslim yang mereka berlibur ke luar negeri pada tahun 2019.

Pengeluaran muslim global yang melakukan perjalanan juga mengalami kenaikan yaitu sebesar 2,7% sehingga menjadi 194 milliar US Dollar.

Wah angka yang sangat banyak bukan? Dengan nilai sebesar itu potensi peningkatan ekonomi di Indonesia bisa lebih tinggi.

Baca Juga: Wisata Halal Eropa dan Destinasinya yang Dapat Dikunjungi

wisata halal di Indonesia

sumber: pixabay

Rekomendasi Destinasi Halal di Indonesia

Bila kamu mulai tertarik untuk berkeliling Indonesia dan mengunjungi beberapa destinasi halal maka kami akan merekomendasikan beberapa destinasi halal yang bisa kamu kunjungi.

Lombok

Buat kamu yang suka berwisata pasti tidak asing dengan pulau yang satu ini. Pulau lombok pada dasarnya memang menjadi daya tarik para wisatawan.

Pulau dengan sebutan pulau 1000 masjid ini mampu menarik para wisatawan untuk berkunjung ke sana. Lombok juga menerapkan konsep wisata halal sebagai upaya untuk memfasilitasi wisatawan muslim agar dapat pelayanan ekstra.

Terlebih lombok terpilih menjadi daerah penerapan wisata halal terbaik nomor 1 di Indonesia.

Aceh

Aech juga merupakan daerah dengan penerapan wisata halal terbaik nomor 2 setelah lombok. Di Aceh terdapat 987 spot wisata yang bisa kamu kunjungi.

Sebagai daerah yang penerapan syariatnya sangat ketat, Aceh juga tidak mau kalah dalam membranding destinasi halal yang mereka punya.

Baca Juga: Wisata Halal Aceh 

Sumatera Barat

Destinasi halal berikutnya adalah Sumatera Barat. Daerah ini menawarkan keunikan budaya serta alam yang beragam. Keindahan alam di daerah ini bisa kamu nikmati terlebih bagi kamu yang pecinta alam.

Riau dan Kepulauan Riau

Daerah ini sebenarnya juga dikenal sebagai tempat kelahiran para ustadz. Bila kamu perhatikan banyak ustadz-ustadz yang lahir dari daerah ini salah satunya Ustadz Abdul Somad, Ph.D.

Riau dan Kepulauan Riau memiliki nilai jual pada keindahan pulau-pulau dan ragam budayanya.

wisata halal di Indonesia

sumber: pixabay

DKI Jakarta

Pusat ibukota ini ternyata juga menawarkan destinasi halal yang bisa dikunjungi. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar mengingat sebagai pusat ibukota, wisatawan juga sering berkunjung ke daerah ini.

Salah satu keunggulan yang didapatkan di daerah ini adalah fasilitas yang unggul sehingga membuat nyaman setiap wisatawan yang berkunjung.

Baca Juga: Wisata Halal Bali

Penutup

Demikian penjelasan tentang wisata halal di Indonesia. Semoga penjelasan ini dapat menambah wawasanmu terkait dengan pariwisata khususnya pariwisata halal di berbagai negara.

Bila kamu tertarik dengan artikel sejenis ini maka kamu bisa pantau terus artikel yang terdapat di blog Patratour.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *