Tips & Trik

Tips Menabung yang Efektif untuk Naik Haji

Memahami cara menabung yang tepat akan sangat memudahkan Anda untuk naik haji. Sebagai seorang Muslim, naik haji adalah salah satu impian yang pasti ingin dicapai. Namun untuk bisa memenuhi rukun islam yang satu ini memang tidak dapat dilakukan dengan mudah. Biaya perjalanan yang mahal menjadi salah satu alasannya.

Sebagai negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, membuat peminat haji di negara ini begitu banyak. Sehingga untuk bisa naik haji, Anda harus mengantre dan menunggu giliran keberangkatan. Dengan banyaknya peminat haji, juga memunculkan banyak cara naik haji. Anda bisa memilih haji reguler, haji plus atau haji furoda.

Semua cara untuk naik haji tersebut tentu membutuhkan biaya yang tidak murah. Haji reguler yang merupakan cara naik haji dengan biaya paling murah saja membutuhkan biaya hingga lebih dari 35 juta rupiah. Apalagi jika Anda ingin naik haji dengan lebih cepat melalui haji plus atau haji furoda.

Oleh karena itu, Anda harus memahami cara menabung yang tepat, agar bisa mengumpulkan uang untuk naik haji. Pada artikel ini, kami telah menyiapkan informasi mengenai cara tersebut untuk dapat Anda pahami. Sehingga Anda bisa lebih mudah mengumpulkan uang dan segera berangkat haji.

Membenahi Paradigma tentang Menabung
Sebelum membahas cara menabung, hal yang pertama kali perlu diperhatikan adalah cara berpikir Anda. Jika Anda berpikir bahwa menabung adalah menyimpan uang sisa pengeluaran bulanan, maka Anda salah besar. Jika Anda masih mempertahankan cara berpikir ini, Anda akan kesulitan untuk bisa menabung, sehingga cara pikir ini harus mulai dibenahi.

Dibanding dipahami sebagai menyimpan uang sisa pengeluaran, menabung lebih tepat dipahami sebagai menyisihkan sebagian uang sebelum pengeluaran dilakukan. Sehingga Anda bukan menabung setelah semua pengeluaran terpenuhi. Namun Anda mengalokasikan sebagian pendapatan Anda untuk ditabung sebelum pengeluaran dilakukan.

Dengan memiliki cara berpikir ini, cara menabung Anda akan lebih disiplin dan terjaga. Karena jika Anda tidak menyisihkan uang untuk ditabung sebelum melakukan pengeluaran, bisa saja uang Anda sudah habis terlebih dahulu. Sehingga pada akhirnya Anda tidak akan menabung uang sama sekali.

Dengan menyisihkan sebagian uang untuk ditabung sebelum melakukan pengeluaran, tidak akan ada kasus uang habis sebelum menabung. Anda juga akan tertuntut untuk lebih hemat dan disiplin dalam mengatur pengeluaran. Sehingga Anda bisa menjadi karakter yang hemat dan mudah menabung meski tabungan haji sudah terkumpul.

Cara Menabung yang Efektif adalah Memilih Tempat Menabung yang Sulit Diambil
Ketika membicarakan tentang menabung, tentu akan menyinggung tempat Anda menabung. Saat ini ada banyak media yang bisa Anda gunakan untuk menabung. Seperti menggunakan cara lama dengan celengan atau kotak penyimpanan tertentu. Juga dengan cara yang lebih modern dengan menggunakan produk yang dimiliki bank.

Bank sendiri sebenarnya memiliki beberapa produk untuk Anda pilih sebagai tempat Anda menabung. Seperti tabungan biasa atau tabungan berjangka atau yang lebih dikenal dengan deposito. Diantara semua media tersebut, cara menabung yang lebih efektif adalah dengan memilih tempat tersulit untuk diambil. Sehingga Anda tidak mudah untuk menggunakan uang tabungan Anda.

Semakin mudah Anda mengambil uang tabungan, maka godaan untuk mengambilnya akan semakin besar. Mungkin Anda akan berpikir nanti bisa mengganti uang tabungan yang Anda ambil. Namun dalam banyak kasus, hal itu tidak pernah terjadi. Justru Anda akan semakin mudah mengambil tabungan untuk berbagai keperluan yang sebetulnya tidak terlalu penting.

Salah satu tempat atau media yang membuat Anda sulit mengambil uang tabungan adalah deposito. Deposito atau tabungan berjangka hanya bisa Anda ambil setelah beberapa waktu tertentu. Jika Anda ingin mengambil deposito sebelum waktunya, Anda akan dikenakan sanksi yang cukup besar. Sehingga cara menabung di deposito sangat membantu Anda untuk disiplin.

Dengan begitu, Anda tidak akan mudah mengambil uang tabungan Anda. Sehingga uang untuk berangkat haji akan lebih mudah terkumpul. Anda pun akan lebih cepat untuk mendaftar haji. Karena semakin Anda menunda pendaftaran keberangkatan haji Anda, semakin lama masa antre yang diperlukan.

Upgrade Cara Menabung Anda dengan Investasi
Jika Anda ingin mempercepat pengumpulan uang untuk berangkat haji, maka Anda harus mengenal investasi. Dengan investasi, uang yang Anda kumpulkan bisa meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Oleh karena itu cara ini efektif untuk Anda yang ingin berangkat haji. Karena Anda bisa menyegerakan diri untuk mendaftar berangkat haji melalui investasi.

Investasi bisa Anda jadikan sebagai cara menabung, yaitu Anda menyisihkan sebagian uang untuk dialokasikan pada instrumen tertentu. Lalu nilai uang Anda akan meningkat sesuai dengan instrumen investasi yang Anda pilih. Meski pada beberapa instrumen dengan risiko tinggi, Anda bisa saja mengalami kerugian. Sehingga Anda lebih baik menghindari instrumen ini.

Beberapa instrumen yang tepat untuk digunakan sebagai media cara menabung untuk berangkat haji adalah deposito, reksadana pasar uang dan obligasi. Selain itu, berinvestasi pada fintech juga bisa menjadi pilihan. Seperti salah satunya dengan berinvestasi di Modal Rakyat. Instrumen investasi seperti deposito dan obligasi cocok untuk tabungan haji karena risikonya kecil.

Sehingga Anda tidak perlu khawatir mengalami kerugian atau nilai uang Anda berkurang dengan berinvestasi di instrumen ini. Di satu sisi uang Anda justru akan bertambah nilainya. Sehingga akan mempercepat Anda melakukan pendaftaran keberangkatan ibadah haji. Masa antre yang perlu Anda tunggu pun akan berkurang.

Berangkat haji adalah salah satu rukun Islam yang pasti ingin dipenuhi oleh umat Muslim. Namun memang perlu diakui bahwa berangkat haji memerlukan biaya yang cukup mahal. Oleh karena itu, menabung adalah solusi yang perlu dilakukan agar Anda bisa berangkat haji. Terlebih jika Anda menerapkan cara menabung yang efektif di atas.

Similar Posts

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *