Islam di Amerika
Travel Knowledgebase

Islam di Spanyol: Sejarah Masuk dan Peninggalannya

Keberadaan Islam sudah menyebar hampir ke seluruh pelosok dunia. Maka akan sangat aneh bila ada orang yang tidak mengenal apa itu Islam.  Salah satu kehadiran Islam berada di negeri Spanyol. Islam di Spanyol merupakan salah topik topik pembahasan yang menarik untuk digali lebih lanjut.

Tahukah kamu berapa populasi di Spanyol? Jumlah penduduk atau populasi di Spanyol adalah sebanyak 41 juta jiwa. Keberadaan penganut agama Islam di negeri ini sebenarnya hanya berkisar 1%. 99% lainnya dipegang oleh penganut katolik Roma.

Meskipun demikian, adanya penganut Islam di negeri yang identik dengan pertandingan El-Classico ini merupakan pencapaian yang luar biasa.

Tapi perlu kamu ketahui bahwa dahulu negeri ini menjadi saksi bisu masa keemasan Islam. Lalu, mengapa akhirnya jumlah populasi Muslim sangat sedikit dan lebih banyak katolik roma? Yuk simak pembahasannya.

Baca Juga: Islam di Jepang (Sejarah dan Fakta Menarik di dalamnya)

Islam di Spanyol

sumber: pexels

Perkembangan Islam di Spanyol

Islam pertama kali hadir di Spanyol pada zaman Khalifah Al-Walid (705-715 Masehi). Beliau adalah Khalifah dari Bani Umayyah yang berlokasi pusat di Damaskus.

Dalam catatan sejarah dakwah Islam di Spanyol tercatat setidaknya tiga nama yang sangat berperan diantaranya, Tharif ibn Malik, Thariq ibn Ziyad, dan Musa ibn Nushair.

Semenanjung Iberia merupakan salah satu kawasan yang berhasil diduduki oleh pemerintahan Islam. awal abad 5 Masehi (tahun 406 M), wilayah tersebut dikuasai oleh bangsa Vandals, maka dinamakan Vandalusia.

Lalu, pada tahun 711 M, semenanjung Iberia dan wilayah selatan Prancis jatuh ke dalam kekuasaan Islam dan semenjak saat itu pula wilayah yang dahulu bernama Vandalusia berubah nama menjadi Andalusia.

Selama Islam berada di Eropa dan memegang tonggak kekuasaan, ada banyak kemajuan yang dialami negara tersebut. Bahkan para pakar sejarah menyebutkan kemajuan yang terjadi di Spanyol saat itu meninggalkan negara-negara Eropa tetangganya.

Ketertinggalan mereka khususnya dalam bidang sains dan pemikiran. Kontribusi Islam pada masa itu di negeri tersebut sangat luar biasa.

Namun, pergerakan kemajuan ini tidak berjalan terus-terusan. Beberapa waktu setelahnya terjadi kemunduran dinamika intelektual Muslim disebabkan oleh nilai-nilai ijtihad tidak teraflikasi lagi, yang distimuli al-Qur’an di tengah-tengah kehidupan umat Islam.

Baca Juga: Islam di Amerika

islam di spanyol

sumber: pexels

Bukti Peninggalan Islam di Spanyol

Selain bukti adanya umat Islam di Negeri Spanyol ada juga peninggalan-peninggalan berbentuk fisik yang bisa kamu lihat dan menjadi satu acuan sejarah yang menarik bila dibedah.

Masjid Cordoba

Ini adalah bangunan paling bersejarah peninggalan Islam di negeri matador tersebut. Sayangnya, bangunan ini telah berubah menjadi Gereja Katedral.

Bangunan ini pertama kali dibangun oleh Khalifah Muslim Abdurahman I pada 787 Masehi. Bila kamu melihat ke dalam bangunan, masjid ini memiliki ruangan dalam untuk shalat yang bentuknya  persegi panjang dan dikelilingi oleh lapangan terbuka.

Arsitekturnya sangat indah untuk dilihat dan membuat matamu nyaman ketika berada di sana.

Istana Alhambra

Peninggalan berikutnya yang terkenal di Spanyol sebagai bukti kejayaan Islam adalah Istana Alhambra. Istana ini adalah pusat kekuasaan Dinasti Bani Ahmar, yang merupakan dinasti Islam terakhir di Andalusia.

Sebenarnya selain menjadi saksi kejayaan Islam, istana ini juga menjadi saksi bisu kehancuran imperium Islam di Andalusia.

Istana ini dibangun oleh Sultan Muhammad bin Al-Ahmar pada tahun 1232 Masehi. Lokasi Istana ini berada pada titik paling strategis di Kota Granada.

Fakta menarik lainnya, Alhambra merupakan satu-satunya kota peninggalan kerajaan Palatine yang masih hidup dari zaman keemasan islam dan sisa Dinasti Nasrid, kerajaan Islam terakhir di Eropa Barat.

Baca Juga: Islam di Eropa

Penutup

Demikian penjelasan tentang Islam di Spanyol beserta sejarah masuk dan peninggalannya. Semoga penjelasan ini dapat menambah wawasan sejarah keislamanmu.

Bila kamu tertarik dengan artikel sejenis ini maka kamu bisa pantau terus artikel yang terdapat di blog Patratour.

 

 

 

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *