Islam di India
Travel Knowledgebase

Islam di India : Sejarah Masuk dan Peninggalannya

Islam sebagai agama rahmatan lil alamin dalam perkembangannya bergerak sangat cepat. Dakwah Islam tersebar di seluruh negara termasuk negara India. Oleh sebab itu pembahasan di artikel ini adalah tentang Islam di India.

India adalah sebuah negara yang memiliki jumlah penduduk yang sangat banyak bahkan negara ini berada di peringkat kedua (dibawah Tiongkok) dengan jumlah penduduk sebanyak 1,3 miliar.

Mayoritas penduduk India menganut agama hindu. Meskipun demikian, agama Islam nyatanya menduduki peringkat kedua sebagai agama terbanyak penganutnya di India.

Pada sensus penduduk di tahun 2011 disebutkan bahwa jumlah Muslim di India adalah sebesar 14,2% dari populasi atau sekitar 172 juta jiwa.

Agama lain yang juga ada di India diantaranya Katholik, Protestan, Jainisme, Yahudi dan Sikh.  Lantas bagaimana Islam bisa masuk ke negeri ini?

Islam di India

sumber: pexels

Masuknya Islam di India

Pergerakan dakwah ke berbagai macam negara sebenarnya sudah terjadi di masa Rasulullah SAW salah satu caranya adalah melalui jaringan perniagaan saudagar Arab.

Saudagar yang berangkat ke tanah India tersebut berasal dari Bukhara, Turki, Iran, Yaman, dan Afghanistan. Waktu perkiraan masuknya Islam ke India adalah pada abad ke-8.

Invasi tersebut terjadi di daerah India Utara (sekarang berubah menjadi Pakistan).

Adapun ekspedisi resmi terjadi pada masa Bani Umayyah yang dilakukan oleh Panglima Muhammad Ibn Qasim saat kepemimpinan dipegang oleh khalifah Khalifah al-Walid . Pada saat itu Islam mulai menyebar ke seluruh area di India. Kemudian mencapai puncaknya pada masa Sultan Mahmud Ghaznawi.

Islam berhasil menaklukkan seluruh kekuasaan Hindu dan mengislamkam sebagian masyarakat India pada tahun 1020 M.

Salah satu kerajaan bercorak Islam yang sangat berperan dalam memajukan peradaban Islam di negeri India ini adalah Dinasti Mughal.

Dalam sejarah periodisasi Islam, kerjaan ini disebut sebagai sebuah kerajaan yang menjadi tanda masa kejayaan Islam setelah kerajaan pada Dinasti Abbasiyah.

Raja pertama kerjaan Mughal adalah Zahiruddin Muhammad Babur (1526-1530 M). Pada masa kepemimpinannya, beliau membangun fondasi-fondasi pemerintahan.

Sayangnya selama masa kepemimpinan beliau, banyak terjadi ancaman dari pihak musuh. Masyarakat Hindu tidak menginginkan kerajaan Mughal berkuasa.

Akhirnya mereka melayangkan peperangan pada kerajaan Mughal. Namun, usaha mereka sia-sia karena Babur berhasil mengalahkan mereka pada suatu pertempuran.

Puncak kejayaan kerajaan Mughal terjadi pada masa Akbar Khan (1556-1605 M). Pada saat itu, Akbar menjalankan pemerintahan secara militeristis dengan konsep universal (memandang seluruh rakyat India sama). Artinya dalam masa ini tidak ada lagi perbedaan etnis dan agama.

Islam di India

sumber: pexels

Peninggalan Islam di India

Sebagai bukti sejarah hadirnya Islam di India ada beberapa peninggalan yang bisa kamu temukan di sana. Salah satu yang paling fenomenal adalah Taj Mahal.

Kamu pasti tidak asing dengan tempat tersebut. Ia juga sempat masuk ke dalam 7 keajaiban dunia. Taj Mahal didirikan pada masa Sultan Shah Jahan.

Bahkan tempat ini telah menjadi ikon wisata Negeri India. Kemudian ada beberapa tempat lainnya yang menjadi peninggalan Islam, diantaranya:

  1. Masjid Jama di Delhi, didirikan pada pertengahan abad ke-17 pada masa Sultan Shah Jahan. Masjid dengan kapasitas 25 ribu jamaah ini merupakan masjid terbesar di India.
  2. Istana Tipu Sultan di Bangalore, istana ini dibuat dengan kayu jati. Ukiran kayu dan arsitekturnya dibuat unik sehingga setiap orang yang kesana pasti merasa terkagum.
  3.  Istana dan Kebun Mysore di Mysuru, memiliki arsitektur yang indah. Interiornya dihiasi dengan batu yang disusun sehingga menampakkan pemandangan yang Indah.

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang sejarah Islam di India. Semoga penjelasan ini menambah khasanah keisalmaan kamu semua khususnya terkait dengan sejarah.

Bila kamu tertarik dengan artikel sejenis ini maka kamu bisa pantau terus artikel yang terdapat di blog Patratour.

 

 

 

 

 

 

 

 

Similar Posts

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *