Islam di Eropa
Travel Knowledgebase

Islam di Eropa: Sejarah dan Beberapa Wilayah Taklukkannya

Islam adalah agama yang penyebarannya sangatlah masif. Setiap wilayah dihampiri untuk menyampaikan dakwah Islam, salah satunya di Eropa. Oleh sebab itu, pada artikel ini akan dibahas Islam di Eropa.

Pertama kali Islam masuk ke benua eropa pada awal abad kedelapan. Daerah yang pertama kali menjadi landasan dakwah Islam adalah kawasan Iberia. Kawasan tersebut mencakup Andalusia/Spanyol, Andora, Portugal, Gibraltar dan daerah sekitar Perancis.

Pada saat penaklukan wilayah Eropa tepatnya pada wilayah Iberia,  dinasti yang berkuasa adalah Dinasti Umayyah.  Wilayah ini sempat mencatat sejarah pada masa keemasan Islam.

Sayangnya pada abad ke-15 wilayah ini direbut kembali pada saat perang salib.

Agar lebih komprehensif mari bahas perkembangan Islam di Eropa pada beberapa wilayah.

Baca Juga: Perkembangan Islam di India

Perkembangan islam di Eropa

sumber: pexels

Perkembangan Islam di Eropa

Pada bab ini akan dibahas beberapa area yang menjadi wilayah perkembangan Islam di Eropa.

Andalusia

Wilayah ini kini dikenal dengan nama Spanyol.  Penaklukkan di wilayah ini dipimpin oleh Tariq bin Ziyad. Kisahnya fenomenal karena ia membakar kapal perangnya.

Hal tersebut dimaksudkan agar membakar semangat prajurit muslim, karena ketika kapal terbakar maka pilihannya  hanya 2, “Mati Sia-Sia atau Menang”, Tidak ada pilihan ketiga yaitu, “balik ke tempat asal”.

Meskipun kisah tersebut masih perlu divalidasi keshahihannya tetapi tetap ada hikmah yang dapat diambil di dalamnya.

Abdur Rohman yang berasal dari Dinasti Umayyah akhirnya mendirikan dinasti tersebut di daerah Andalusia. Dinasti tersebut bertahan selama 256 tahun dari 756-1065 M.

Pada masa invansi Islam di negeri ini, lahir tokoh-tokoh cendekiawan terkemuka seperti Ibnu Rusyd, Ibnu Khaldun, Ibnu Batuta, Al-Bakri, Al-Idrisi, Abdur Rabbi, Ali Ibnu Hazm, Al-Khatib dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Tips Menabung yang Efektif untuk Naik Haji

Rusia

Negara dengan ideologi komunis ini juga memiliki catatan sejarah terkait dengan perkembangan Islamnya. Dinasti yang berkuasa pada masa invasi Islam di negeri ini juga Dinasti Umayyah.

Dipimpin oleh Panglima Qutaibah bin Muslim, Islam berhasil “menjebol” benteng pertahanan Rusia. Kejadian tersebut terjadi pada masa Khalifah Walid bin Abdul Malik.

Selepas kejadian tersebut banyak warga Rusia menyambut baik kedatangan dakwah Islam. Pada tahun 86-91 Hijriyah semua wilayah yang ada di Rusia berhasil dikuasai oleh Islam.

Salah satu bukti peninggalan keislaman di negeri ini adalah Masjid Jami Qutaibah di Bukhara.

Meskipun ideologi negara ini adalah komunis tetapi populasi umat Islam di dalamnya terbilang banyak yaitu sebanyak 25 juta jiwa.

Bahkan ada yang memprediksi bahwa Rusia akan menjadi negara dengan jumlah umat Islam terbesar  di Eropa pada tahun 2050.

Perkembangan Islam di Eropa

sumber: pexels

Inggris

Negara berikutnya yang memiliki catatan invasi dakwah Islam di Eropa adalah Inggris. Umat Islam di negeri ini mencapai 1,5 juta jiwa.

Bahkan tercatat bahwa agama Islam merupakan agama dengan penganut terbanyak nomor dua setelah kristen. Jumlah yang patut disyukuri oleh seluruh umat Islam.

Meskipun banyak juga imigran muslim yang berasal dari Arab, Turki, Mesir, Cyprus, Malaysia, dan lain sebagainya.

Bila kamu ke sana kamu tidak perlu khawatir karena ada organisasi Islam yang membantu penduduk muslim di sana salah satunya adalah organisasi Majelis Islam Eropa (The Islamic Council of Europe).

Ada juga Persatuan Organisasi Islam Inggris (The Union of Moslem Organization), serta Islamic Fondation dan Moslem Institute yang begerak di bidang penelitian.

Baca Juga: Umroh Backpacker

Penutup

Demikian penjelasan sejarah tentang Islam di Eropa. Semoga penjelasan ini dapat menambah wawasanmu khususnya terkait dengan sejarah keislaman.

Bila kamu tertarik dengan artikel sejenis ini maka kamu bisa pantau terus artikel yang terdapat di blog Patratour.

 

 

 

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *