Islam di amerika
Travel Knowledgebase

Islam di Amerika: Sejarah Perkembangan dan Kondisi Saat Ini

Sebelum benua Amerika ditemukan yang konon kabarnya ditemukan oleh Colombus, Islam telah masuk lebih dahulu dan melakukan penyebarannya. Islam di Amerika memang hal yang menarik untuk dikulik lebih dalam.

Diketahui pertama kali Islam masuk ke Amerika pada abad ke 16. Warga Amerika yang pertama kali masuk Islam bernama Estevanico dari Azamor.

Berdasarkan catatan sejarah banyaknya warga Islam di Amerika mayoritas adalah dari imigran. Banyak dari mereka berasal dari  Suriah, Yordania, Palestina.

Menurut Dr. Hannas sebagaimana tertulis dalam jurnal ilmiah yang beliau buat dengan judul, “Sejarah Perkembangan Islam di Amerika Serikat” yang mana diterbitkan di  Sekolah Tinggi Teologi Internasional Harvest (STTIH) fase perkembangan Islam terbagi menjadi 5 gelombang.

Baca Juga: Islam di India (Sejarah Masuk dan Peninggalannya)

Islam di Amerikasumber: Pexels

Sejarah Perkembangan Islam di Amerika

Fase pertama dari sejarah perkembangan Islam di wilayah Amerika ini datang melalui imigrasi yang diperkirakan datang pada abad ke-17.

Pada saat tersebut imigran yang datang banyak berasal dari Yordania, Suriah, Palestina, dan Libanon. Mereka berada di bawah naungan pemerintahan Utsmani. Perkiraan fase pertama ini berlangsung sekitar tahun 1875 hingga 1912 (pada saat perang dunia 1).

Fase kedua terjadi pasca perang dunia 1. Berlangsung sekitar tahun 1918 hingga 1922.

Fase ketiga terjadi pada 1930 hingga 1938. Bila pada periode sebelumnya belum ada ketentuan imigrasi AS maka pada periode atau fase ini terdapat kebijakan yaitu imigrasi AS memberikan prioritas kepada mereka yang memiliki anggota keluarga menetap AS.

Fase keempat terjadi pada 1947 hingga 1960. Terakhir, fase kelima terjadi pada 1967 hingga sekarang.

Baca Juga: Serba-Serbi Sejarah Islam di Eropa

Islam di Amerika

sumber: Pexels

Islam Saat ini di Amerika

Agama Islam di Amerika hingga saat ini masih menjadi agama minoritas. Mayoritas agama di Negeri Paman Sam ini adalah Kristen.

Berdasarkan laporan Pusat Penelitian Pew pada tahun 2014, mayoritas dari penduduk Amerika Serikat adalah penganut agama Kristen. Persentase agama tersebut di negeri ini adalah sebesar 70,6%.

Namun, ada kabar baik yaitu berdasarkan beberapa riset diperkirakan Islam akan menjadi agama terbesar kedua di Negeri yang saat ini diduduki jabatan presidennya oleh Joe Biden.

Kesimpulan tersebut atas dasar penelitian yang dilakukan oleh Pew Research Center pada Juli 2016. Lembaga penelitian tersebut menjelaskan bahwa Islam secara global mengalami perkembangan yang pesat bila dibandingkan dengan agama-agama lainnya.

Tentu ini menjadi kabar bahagia bagi seluruh Umat Islam di dunia. Kenaikan jumlah pemeluk agama Islam di Amerika Serikat pada Juli 2014 sebesar 0,9% yang mana warga negara Amerika Serikat yang berusia dewasa mulai memeluk agama rahmatan lil alamin ini.

Potensi kenaikan pemeluk agama Islam ini oleh Pew Research Center terus dianalisis hingga tahun 2050. Berdasarkan hasil forecasting mereka, pemeluk agama Islam di negeri superpower ini dapat mencapai angka 8,09 juta jiwa dari total populasi 394,35 juta jiwa.

Pergerakan ini bahkan melampui pergerakan pemeluk agama Yahudi. Bisa dibayangkan ya ketika umat Islam terus bertumbuh di negeri ini.

Ajaran yang penuh rahmat ini akan menghiasi berbagai sektor di negeri ini baik sektor ekonomi, pendidikan, sosial budaya dan kesehatan.

Baca Juga: Tips yang Efektif untuk Menabung Haji

Penutup

Demikian penjelasan tentang Islam di Amerika beserta sejarah dan kondisinya saat ini. Mari kita doakan semoga perkembangan Islam di Negeri ini dapat mencapai jumlah yang besar bahkan dapat menjadi mayoritas.

Tentunya bukan dengan niat “menjajah” tetapi memberikan dampak positif atas dakwah Islam yang universal, penuh moral yang positif dan inklusif.

Bila kamu tertarik dengan artikel sejenis ini maka kamu bisa pantau terus artikel yang terdapat di blog Patratour.

 

 

 

 

 

 

 

 

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *