Pelayan ibadah haji dan umrah terpercaya sejak 1995

Pelayan ibadah haji dan umrah terpercaya sejak 1995

5 FAKTA MENARIK KOTA CORDOBA SPANYOL

Kategori : Kajian, Ditulis pada : 23 Agustus 2021, 07:56:00

Patratour.com, Cordoba merupakan ibukota dari Provinsi Cordoba, kawasan Andalusia, Spanyol Selatan.

Data statistik dari Instituto Nacional de Estadistica menunjukkan, kota dengan luas 1253 km persegi ini memiliki populasi penduduk berjumlah 325.708 orang pada tahun 2018.

Menurut CNN Travel, Cordoba merupakan kota pertama di dunia yang memiliki empat Situs Warisan Dunia UNESCO, melampaui Paris dan Roma.

Cordoba mencapai puncak kejayaannya pada masa kekhilafahan Andalus, yang merupakan perpanjangan dari kekuasaan Bani Umayyah. Kota yang sudah dibangun sejak zaman Romawi kuno ini menyimpan begitu banyak fakta sejarah menarik, diantaranya:

1. Sudah Dibangun Sejak Zaman Romawi Kuno

Kota Cordoba didirkan oleh Claudius Marcellus pada zaman Romawi Kuno. Letaknya berada di kawasan semenanjung Iberia, yang kemudian diubah nama menjadi Hispania. Lotheo, seorang penguasa Romawi pernah menjadikannya Cordoba sebagai ibukota negara Meridional Hispania pada tahun 169 SM. Julius Cesar juga pernah merebut kota Cordoba pada tahun 45 SM, dalam perang saudara yang dikenal dengan nama perang Munda. Lima abad kemudian, Cordoba berada di bawah kekuasaan Bizantium dibawah komando Raja Goth Barat. Baca Juga :   Menelusuri Jejak Nabi Adam di Sri Lanka

2. Takluk ke Tangan Kaum Muslimin

Setelah dikepung 3 Bulan Lamanya Islam masuk ke Spanyol setelah Tariq bin Ziyad berhasil menaklukan kekaisaran Visigoth dalam perang Guadalete. Saat itu yang berkuasa di Spanyol adalah raja Roderic yang merupakan raja terakhir bangsa Goth. Tariq bin Ziyad dengan pasukannya yang kebanyakan dari bangsa Barbar menaklukan Spanyol pada tahun 711 M, melalui perang 7 hari yang begitu sengit. Dengan dikalahkannya kekaisaran Visigoth, pintu gerbang untuk menaklukan kota-kota lain di Spanyol menjadi terbuka lebar. Tidak lama berselang, Tariq bin Ziyad mengutus pasukan kavaleri yang dipimpin oleh Mughits Ar-Rumi dan berhasil menaklukan Cordoba setelah dikepung selama 3 bulan lamanya.

3. Termasuk Kota Terbesar Pada Masa Kejayaannya

Pada masa kekuasaan Abdurrahman Ad-Dakhil, Cordoba diubah menjadi pusat peradaban di baru di benua Eropa. Banyak pusat pendidikan dan kebudayaan dibangun. Para Ulama, filsuf, penyair, dan banyak lagi ahli ilmu diundang untuk mengembangkan ilmunya di Cordoba. Pada masa kekuasaan Abdurrahman An-Nashir, Cordoba mencapai puncak kejayaannya. Taraf kesejahteraan dan peradaban yang berhasil digapai kota Cordoba dapat disejajarkan dengan kota Baghdad. Bahkan pada abad ke-10 masehi, diperkirakan Cordoba merupakan kota kedua terbesar di Eropa. 

4. Pernah Menjadi Pusat Ilmu dan Pendidikan Terkemuka di Dunia

Pada masa kekuasaan Khalifah Abdurrahman An-Nashir, didirikan Universitas Cordoba, sebuah universitas yang sangat prestisius dan bergengsi. Banyak orang, bahkan termasuk umat kristiani masuk dan belajar di Cordoba. Gerbert d’Aurillac (945-1003M) contohnya, yang kemudian menjadi Paus Sylvester II juga merupakan alumnus Universitas Cordoba yang kemudian mendirikan sekolah sendiri. Puncak peradaban keilmuan di Cordoba terjadi pada masa Al-Hakam Al-Muntashir yang pada masanya banyak dibangun sekolah-sekolah, ditambah dibangunnya 70 perpustakaan yang semakin membuat dunia pendidikan semakin menggeliat di Cordoba. Belum lagi beasiswa yang disediakan kekhilafahan bagi para fakir miskin, semakin mendorong keterlibatan segenap penduduk Cordoba dalam kegiatan keilmuan. Dengan menggeliatnya peradaban keilmuan di Cordoba tak heran banyak Ulama yang dihasilkan disana, seperti: Ibnu Rusyd (Averrous) seorang filsuf yang memiliki pengaruh besar terhadap kebangkitan Eropa, Ibnu Hazm seorang mujtahid terkemuka, Imam Al-Qurthubi sang mufassir, Az-Zahrawi seorang ilmuwan kedokteran, Ibnu Firnas seorang peletak konsep dasar pesawat terbang. dll.

5. Memiliki Arsitektur Bangunan Bernilai Seni Tinggi

Pada masa kejayaannya, Cordoba dipenuhi bangunan yang memiliki nilai seni tinggi. Terdapat 283 unit rumah tinggal, 900 kamar mandi umum, 800 unit sekolah, dan 50 rumah sakit. Ketika malam tiba, jalan-jalan diterangi dengan hiasan lampu yang indah. Banyak terdapat taman-taman yang dipenuhi dengan bermacam bunga. Pada masa Khalifah Abdurrahman An-Nashir, dibangun Medina Azahara. Awalnya kawasan ini diperuntukkan sebagai pusat pemerintahan. Letaknya sekitar 5 km dari pusat kota Cordoba. Di sana terdapat istana Az-Zahra yang begitu indah.


Disalin dari web Bersholawat.id dengan judul : http://bersholawat.id/5-fakta-menarik-kota-cordoba-spanyol | bersholawat.id

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id