Pelayan ibadah haji dan umrah terpercaya sejak 1995

Pelayan ibadah haji dan umrah terpercaya sejak 1995

5 Hal yang Sering Terlupakan Ketika Umrah di Tanah Suci

Kategori : Umrah, Tips, Ditulis pada : 24 Agustus 2021, 04:49:41

Menunaikan ibadah umrah, pastinya menjadi hal yang ditunggu-tunggu bagi setiap umat muslim. Impian untuk dapat beribadah dengan khusyu’ di Masjidil Haram, menyaksikan langsung bangunan ka’bah, berdoa di tempat-tempat yang mustajab, ziarah ke makam Rasulullah SAW, dan seterusnya sudah ada di benak. Akan tetapi, ada banyak hal teknis yang wajib Anda perhatikan supaya ibadah umrah Anda tidak disibukkan dengan membereskan hal-hal kecil yang membuat Anda ribet selama di tanah suci.

said-alamri-XETXw59dsVo-unsplash.jpg

Photo by said alamri on Unsplash

Berikut ini ada 5 tips yang bisa Anda terapkan ketika di Baitullah, agar memudahkan Anda ketika menunaikan ibadah umrah. Simak baik-baik dari awal hingga akhir yuk!

Menggunakan Kamar Mandi

Untuk Anda yang tengah menunaikan ibadah umrah, memelihara wudhu sangat disarankan karena tidak setiap waktu Anda dapat berwudhu. Pastinya Anda tak akan bisa khusyu’ apabila harus bolak-balik ke tempat wudhu. Anda juga harus mengantisipasi kalau ingin menunaikan hajat atau ‘panggilan alam’ yaitu buang air kecil maupun buang air besar. Menuju ke toilet bukan hal yang mudah ketika Anda berada di Masjidil Haram.

37.jpg

Photo by Robert Thiemann on Unsplash

Hal ini karena arsitektur Masjidil Haram berbeda dengan masjid kebanyakan, Anda harus tahu betul letak toilet yang ada di Masjidil Haram. Kamar mandi ini berada di luar area masjid, tepatnya di dekat pintu masuk utama yaitu pintu King Abdul Aziz atau bersebelahan dengan pintu keluar Bukit Marwah. Bagi Anda yang tengah berada di dalam masjid, mau tak mau harus menghentikan aktivitas ibadah Anda dan berjalan keluar dari Masjidil Haram.

Harus diperhatikan lagi yaitu waktu yang Anda butuhkan selama di toilet. Berjalan keluar masjid sudah menghabiskan waktu kurang lebih 10 menit, belum lagi mengantri selama di kamar mandi. Oleh karena itu Anda sebaiknya menghindari waktu-waktu ketika toilet ramai oleh jamaah. Biasanya, kamar mandi ramai sebelum masuk waktu sholat berjamaah seperti sholat Maghrib ataupun sholat Jumat. Sebaiknya, pastikan segala urusan di kamar mandi sudah selesai sebelum memasuki area Masjidil Haram supaya Anda tak perlu meninggalkan Masjid lagi di tengah-tengah ibadah.

Menyimpan Uang Tunai Dengan Aman

Membawa uang tunai menjadi kebutuhan tersendiri bagi Anda saat menunaikan ibadah umrah sebagai alat pembayaran selama di tanah suci. Karena, mata uang yang dipakai tidaklah sama dengan di Indonesia, Anda wajib menukar uang terlebih dahulu sebelum pergi umrah. Anda bisa menukarkannya di jasa penukaran mata uang asing yang terpercaya.

Namun, sebaiknya Anda bijak ketika membawa uang tunai. Bawa seperlunya saja, jika perlu tulis berapa kebutuhan Anda selama di tanah suci termasuk untuk berbelanja oleh-oleh sebelum pulang. Jika Anda membawa uang tunai terlalu banyak, pastinya Anda akan kerepotan menyimpannya. Ada kekhawatiran akan kehilangan dan seterusnya.

Anda bisa mencoba beberapa tips berikut ini. Bagi uang tunai Anda di beberapa tempat, jangan menaruh hanya ke dalam satu wadah saja! Ini mencegah jika mengalami kehilangan, Anda masih punya cadangan uang tunai di tempat lainnya. Bawa secukupnya di tas kecil yang selalu dibawa kemanapun bahkan saat dibawa ke masjid. Untuk sebagian lainnya bisa Anda tempatkan di tas yang Anda tinggalkan di kamar hotel. Simpan di bagian tas yang menurut Anda aman ya!

Anda juga dapat menyimpan uang Anda di ATM, jika membutuhkan uang tinggal mengambil di ATM. Menyimpan selembar kartu ATM jauh lebih ringkas dibandingkan dengan membawa segepok uang tunai bukan? Nah, terakhir Anda dapat coba memanfaatkan save deposit box yang kadang tersedia oleh pihak hotel tempat Anda menginap. Hotel dengan minimal bintang 4 biasanya mempunyai fasilitas ini. Jika tidak, Anda bisa menggunakan koper milik pribadi yang dapat Anda kunci saat ditinggal-tinggal.

Tips Agar Koper Tidak Tertukar dengan Jamaah Lain

Koper merupakan salah satu benda penting yang dibutuhkan ketika berangkat umrah untuk menyimpan barang-barang yang diperlukan saat berada di Baitullah. Namun, banyak terjadi masalah mengingat banyaknya koper jamaah lain yang menyebabkan insiden kehilangan atau koper yang tertukar.

38.jpg

Photo by Italic on Unsplash

Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut Anda sebaiknya menandai koper Anda agar bisa dikenali dengan mudah. Misalnya dengan menempelkan stiker bendera merah putih untuk mempertegas bahwa itu adalah koper jamaah asal Indonesia. Kemudian, jangan lupa untuk menaruh identitas diri yang lengkap di koper Anda. Jika perlu pasang foto Anda juga agar lebih jelas. Hal ini menghindari koper Anda diakui oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab.

Anda juga bisa memasang gantungan kunci unik dan mencolok, yang membedakan koper Anda dengan koper jamaah lain. Cara lainnya, ada pula yang mengikat pita yang berwarna seragam dengan teman satu rombongan agar mempermudah|memudahkan memilih koper. Usahakan agar selalu memeriksa koper dan isi koper Anda secara berkala selama di tanah suci. 

Menyimpan Tanda Pengenal serta Dokumen Penting

benda yang sangat penting untuk Anda bawa ketika beribadah umrah ialah tanda pengenal jamaah dan dokumen penting lainnya. Tanda pengenal tersebut biasanya berisi nama, usia, asal negara, nama regu dan seterusnya sebagai identitas resmi Anda sebagai jamaah umrah. Dokumen penting lainnya antara lain paspor, Anda harus menjaganya baik-baik supaya tidak hilang atau ketinggalan di suatu tempat.

Jadi, pastikan untuk menggunakan tas kecil untuk menampung tanda pengenal dan dokumen penting Anda agar dapat dibawa kemanapun Anda pergi. Jangan sekali-kali mempercayakan kepada orang lain, atau meletakkannya sembarangan ketika wudhu atau meninggalkannya saat beribadah. Tetap fokus merawat barang-barang bawaan Anda.

Tips Membawa Benda-Benda Kecil yang Diperlukan

Barang-barang kecil ini terlihat sepele, namun harus selalu Anda simpan agar tidak kerepotan ketika menjalani ibadah umrah. Antara lain gunting kecil untuk tahallul, pemotong kuku, cukuran jenggot, tali tambang (berfungsi untuk tali menjemur pakaian saat di kamar dan mengikat koper), pengorek kuping, obat-obatan untuk sakit ringan, kaos kaki dan sarung tangan supaya tidak kedinginan.

39.jpg

Photo by Brett Jordan on Unsplash

Nah, itulah beberapa tips praktis yang memudahkan Anda ketika menjalani ibadah umrah di tanah suci. Semoga Ibadah umrah Anda lancar, khusyu’ dan tentunya mabrur ya!

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id